Kumpulan Tulisanku

Menulis adalah jalan ninjaku salah satu kegiatan wajib bagi seorang pembelajar. Selain untuk mendokumentasikan ilmu, ia juga proses pematangan berbagai konsep dan gagasan yang ada di dalam pikiran. Maksudnya, ketika kita berani menulis, lalu dibaca orang lain, itu artinya kita juga harus siap menerima pihak-pihak yang tidak setuju dengan ide-ide kita.

Setiap ide, gagasan, dan pendapat juga akan sirna begitu saja, kecuali ia terus diwariskan melalui tulisan. Seseorang pernah berkata, “Jika engkau bukan seorang anak raja, maka, menulislah!”

Aku memiliki banyak ide untuk ditulis. Beberapa tulisanku ini bisa di-download, dibaca, didiskusikan, diperdebatkan, atau dibantah. Aku mengelompokkan tulisan-tulisanku sesuai tema-temanya agar lebih mudah dicari, dan aku urutkan sesuai tanggal penulisanku, agar menjadi kenangan, dan dapat menjadi pembanding bagaimana karya tulisku sebelum dan sesudahnya, atau saat aku merujuk pendapatku yang lama dengan pendapat yang baru, tanpa harus menghapus tulisan lamaku.

Kalian bisa mengunduh tulisan-tulisanku dengan menge-klik link yang menjadi judul tulisan.

Aqidah (Teologi)

1. Benarkah Nabi Ibrahim Sempat Mencari Tuhan

Tulisan ini berisi pendapat yang aku pilih dan kurasa paling sesuai dalam permasalahan “Nabi Ibrahim Mencari Tuhan”.

2. Tantangan Tauhid era Milenial

Ini adalah materi pembuka untuk materi Ngaji from Home “Penguatan Tauhid di Era Milenial, Belajar dari Nabi Ibrahim” yang diadakan oleh Pemuda Jatim Diaspora tanggal 3 April 2020. Kajian tersebut membahas tiga tulisan pertama yang berkaitan dengan teologi ini.

3. Pengingkaran Wujudnya Allah, Tantangan Besar Tauhid era Milenial

Karya ketigaku adalah materi utama pada Ngaji from Home edisi I yang lalu. Aku memilih untuk membahas keyakinan atheisme yang menjadi salah satu ujian tauhid yang tidak boleh dianggap remeh di era kini. Nyatanya, ketika ilmu pengetahuan makin maju, sebagian manusia merasa tidak ingin lagi ‘tunduk’ pada Dzat yang tidak terlihat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.